Presentasi Rencana Penelitian “Studi Taksonomi Stingless Bee Sulawesi Berdasarkan Karakteristik Morfologis, Molekuler dan Struktur Sarang”

by | Jan 12, 2023 | Berita | 0 comments

Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu memfasilitasi kegiatan presentasi mahasiswa program Doktoral Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada dalam rangka presentasi rencana penelitian mahasiswa atas nama Manap Trianto pada Rabu, 11/01/2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang PTN Wilayah I Saluki, Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan, serta pejabat fungsional lingkup BBTNLL. Dalam rencana penelitiannya, Manap Trianto akan mengkaji taksonomi stingless bee berdasarkan karakter morfologi, molekuler dan struktur sarang. Kegiatan ini akan dilaksanakan di beberapa desa di BPTNW I Saluki.

Berdasarkan studi literatur dan referensi yang  ia dapatkan, diketahui bahwa terdapat 6 jenis stingless bee yang terdapat di wilayah Sulawesi Tengah. Diperkirakan jumlah stingless bee akan bertambah seiring adanya jenis dan rekaman baru stingless bee yang terdapat di Sulawesi Tengah. Penelitian ini akan mengkaji taksonomi berdasarkan karakter morfologi stingless bee, hubungan kekerabatan berdasarkan pohon filogeni melalui pendekatan molekuler, serta mengkaji struktur sarang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terkait inventarisasi fauna yang terdapat di TNLL serta menjadi bahan masukan bagi masyarakat Lembaga Pengelola Konservasi Desa (LPKD) mengenai potensi dan produktivitas stingless bee dalam menghasilkan madu. Kedepannya, hasil kajian ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan dan referensi BBTNLL dalam melakukan review zonasi terkait area yang memiliki potensi hasil hutan bukan kayu khususnya madu.

 

BBTNLL senantiasa mendukung kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh insan akademis, baik mahasiswa maupun peneliti untuk melakukan riset di dalam kawasan TNLL. Harapannya, kegiatan penelitian yang dilakukan oleh akademisi memberikan hubungan timbal balik yang positif bagi periset dan BBTNLL. Hasil riset dan kajian tersebut dapat memberikan kontribusi yang kongkrit kepada BBTNLL dalam membuat sebuah kebijakan terkait pengelolaan kawasan TNLL dengan pendekatan bidang keilmuan terkait.

Sumber : Fadjri Ma’arif, S.Hut

 

RAPAT AWAL TAHUN 2023 LINGKUP BALAI BESAR TNLL

RAPAT AWAL TAHUN 2023 LINGKUP BALAI BESAR TNLL

Senin, 02 Januari 2023 Rapat perdana mengawali tahun 2023 yang dilaksanakan secara hybrid di ruang rapat kantor Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu dan online via zoom oleh personil BBTNLL di lokasi kerja masing-masing di Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah....

read more

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami