Get Adobe Flash player

Buku Burung

Tuesday
December 2017
12
Home

TRAINING SMART PATROL - RBM

TRAINING SMART PATROL-RBM

BALAI BESAR TAMAN NASIONAL LORE LINDU TAHUN 2017

Pada tanggal 1 s.d 5 Maret 2017, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BB TNLL) dengan dukungan Proyek Enhancing The Protected Area System in Sulawesi for Biodiversity Conservation (EPASS) melaksanakan kegiatan Training Metode SMART Patrol RBM di Telaga Tambing (Kalimpaa), Resort Tongoa. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih Polisi Kehutanan (Polhut) dan Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) di BB TNLL dalam implementasi aplikasi SMART (Spatial Monitoring And Reporting Tool) serta standar patroli yang dapat mendukung dalam monitoring satwa, identifikasi ancaman seperti perburuan ilegal, penguasaan lahan tanpa izin dan pengambilan hasil hutan bukan kayu.

Perlindungan kawasan konservasi seperti taman nasional sangat memerlukan Polhut dan PEH yang memiliki ketrampilan yang memadai serta berdedikasi tinggi. Metode SMART yang diajarkan mencakup tiga hal yaitu software (aplikasi SMART Patrol), peningkatan kapasitas SDM, dan standar pengambilan data berbasis resort.

Kegiatan yang diikuti oleh 45 orang peserta ini dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha BB TNLL, Ir. Periskila Sampeliling, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat menjawab tantangan akan ketersediaan data lapangan yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan pada BB TNLL.

Pada kesempatan lain, Kepala BB TNLL, Ir. Sudayatnya, M.Sc., menyampaikan pesan bahwa tantangan pengelolaan TNLL akan semakin meningkat khususnya dengan adanya tuntutan yang semakin tinggi dari warga yang tinggal di sekitar kawasan. Untuk itu diperlukan adanya informasi yang akurat dan terkini dari petugas lapangan yang disampaikan secara cepat ke pimpinan agar tindakan antisipasi dapat segera disiapkan.

Trainer yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 3 orang staf Wildlife Conservation Strategy yang telah berpengalaman dalam implementasi metode SMART di beberapa kawasan konservasi di Sumatera dan Sulawesi diantaranya TN Gunung Leuser, TN Bukit Barisan Selatan dan TN Bogani Nani Wartabone. Kegiatan pelatihan dilaksanakan secara klasikal dan praktek pengambilan data lapangan di sekitar Telaga Tambing (Kalimpaa).


Last Updated (Friday, 10 March 2017 05:44)

 

Login Form



Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday296
mod_vvisit_counterYesterday103
mod_vvisit_counterThis week445
mod_vvisit_counterLast week1229
mod_vvisit_counterThis month1899
mod_vvisit_counterLast month5881
mod_vvisit_counterAll days556047

We have: 32 guests online
Your IP: 54.82.79.109
 , 
Today: Dec 12, 2017