Get Adobe Flash player

Buku Burung

Tuesday
April 2017
25
Home

Puncak Peringatan HMPI & BMN 2016 Prov Sulawesi Tengah

REHABILITASI EKS PETI “DONGI-DONGI” MENYAMBUT HARI MENANAM POHON INDONESIA DAN BULAN MENANAM NASIONAL TAHUN 2016 DI SULAWESI TENGAH

Pada tanggal 3 Desember 2016, puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2016 untuk Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dilaksanakan pada area bekas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Dusun Dongi-Dongi, Desa Sedoa, Kecamaran Lore Utara, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL). Kegiatan penanaman di arae tersebut sudah dimulai sejak pertengahan Oktober 2016 dengan melibatkan polisi kehutanan (Polhut) dan masyarakat mitra polhut (MMP) binaan Balai Besar TNLL.

Acara ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sulteng dihadiri oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) yang diwakilkan oleh Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kepala Balai Besar TNLL selaku koordinator wilayah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemen LHK beserta UPT Kemen LHK lain yang berada di Sulteng, Bupati Poso beserta jajaran Pemkab Poso, Bupati Sigi beserta jajaran Pemkab Sigi, Kepala SKPD Provinsi Sulteng, Danrem 132 Tadulako, Kapolda Sulteng, Enhancing the Protected Area System in Sulawesi for Biodiversity Conservastion (E-PASS), pelajar/mahasiswa, dan masyarakat sekitar lokasi.

Sesuai dengan tema HMPI tahun 2016 “Pohon dan Hutan Rakyat, untuk Kehidupan, Kesejahteraan dan Devisa Negara”, Gubernur Sulteng menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara hutan yang ada di kawasan TNLL agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Lebih lanjut beliau menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Dongi-Dongi yang telah sadar dan mendukung kebijakan pemerintah untuk menutup lokasi tersebut dari aktivitas menambang emas tanpa izin. Pemprov Sulteng akan mencari jalan keluar terbaik khusus untuk masyarakat lokal yang berada di wilayah Dongi-Dongi dan tidak memberikan ruang bagi masyarakat pendatang untuk menambang.

Pada kesempatan yang sama Kapala Dinas Kehutanan Sulteng melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan penanaman pada wilayah eks PETI seluas 15 hektar di dalam kawasan TNLL dengan jenis cempaka, nantu, leda serta kemiri sejumlah 16.000 batang.

 

Kegiatan HMPI dan BMN tahun 2016 di Provinsi Sulteng terselenggara atas kerjasama yang terjalin antara Pemerintah Provinsi Sulteng, Balai Besar TNLL, Polda Sulteng, Korem 132 Tadulako, Balai DAS Palu Poso, E-PASS dan sejumlah pihak baik dari unsur Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat.

Kegiatan penanaman yang dilaksanakan setelah penyampaian sambutan Gubernur Sulteng dilakukan oleh seluruh tamu undangan yang hadir pada lokasi yang telah ditetapkan panitia pelaksana. Pada kesempatan ini Kepala Balai Besar TNLL dibantu oleh Kepala Bidang Teknis, Kepala Bidang Wilayah TNLL dan staf melakukan penanaman di lokasi yang bersebelahan dengan lubang tanam Gubernur Sulteng.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sambutan Gubernur Sulawesi Tengah


Gubernur Sulteng telah selesai melakukan penanaman


 

Kepala Balai Besar TNLL bersama staf melakukan penanaman

 

 

Direktur BPEE bersama Kepala Balai Besar TNLL melakukan penanaman menyambut HMPI tahun 2016

 

 

Last Updated (Tuesday, 13 December 2016 03:59)

 

Login Form



Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday32
mod_vvisit_counterYesterday100
mod_vvisit_counterThis week272
mod_vvisit_counterLast week3027
mod_vvisit_counterThis month5930
mod_vvisit_counterLast month11437
mod_vvisit_counterAll days498927

We have: 6 guests online
Your IP: 23.20.50.242
 , 
Today: Apr 25, 2017