Get Adobe Flash player

Buku Burung

Friday
February 2017
24
Home

In House Training GIS

In House Training GIS Tingkat Dasar bagi Polhut dan PEH

lingkup Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Pada hari senin s.d rabu tanggal 13-15 Juni 2016 Balai Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) bekerja sama dengan Enhancing The ProtectedAreaSystem in Sulawesi (EPASS) melaksanakan kegiatan In House Training GIS Tingkat Dasar bagi Polhut dan PEH lingkup Balai Besar TNLL. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan individu personil Balai Besar TNLL khususnya personil Polhut dan PEH dalam rangka pengenalan dan penguasaan teknologi SIG guna menunjang tugas dan fungsinya sebagai petugas Polisi Kehutanan (Polhut) dan Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) diharapkan dapat mengantisipasi berbagai kegiatan yang mengancam kelestarian TNLL sebagai kawasan perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis flora dan fauna serta pemanfaatan secara optimal dan lestari.

 

In house training yang diikuti oleh 25 orang peserta ini dibuka oleh Kepala Balai Besar TNLL, Ir. Sudayatna M.Sc. Dalam sambutannya beliau memaparkan urgensi dari kegiatan ini yang salah satunya diharapkan dapat mendukung capaian kinerja Balai TNLL yang dituntut untuk memberikan data-data yang valid, akurat dan aktual dengan dilengkapi informasi koordinat di lapangan.

 

Secara umum dengan menguasai teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) dan penggunaan Global PositioningSystem (GPS), Polhut dan PEH Balai Besar TNLL dapat menghasilkan laporan pelaksanaan kegiatan yang berisi tentang : (1) Koordinat dan Kondisi Pal Batas di Lokasi Sasaran Praktek Penggunaan Teknologi GPS, (2) Jenis dan Keadaan Vegetasi/Flora di Lokasi Sasaran, (3) Peta tentang Keadaan Pal Batas dan Jenis Vegetasi, dan (4) Pelaporan yang Terstruktur dengan baik.

Instruktur yang ditugaskan untuk menyampaikan materi merupakan staf Balai Besar TNLL yang telah mengikuti Diklat GIS baik yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan maupun lembaga lainnya yang bergerak di bidang SIG.

Penyampaian meteri kegiatan dan pengolahan hasil pengamatan di lapangan dilaksanakan di aula Kantor Balai Besar TNLL sedangkan pengambilan data lapangan dilaksanakan di Bidang Wilayah Pengelolaan Taman Nasional I Saluki.

 

 

 

 

Last Updated (Wednesday, 22 June 2016 13:14)

 

Login Form



Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday114
mod_vvisit_counterYesterday192
mod_vvisit_counterThis week2097
mod_vvisit_counterLast week1081
mod_vvisit_counterThis month6563
mod_vvisit_counterLast month10651
mod_vvisit_counterAll days480580

We have: 12 guests online
Your IP: 54.205.203.188
 , 
Today: Feb 24, 2017